Belajar dari Sosok Nenek Ma Xiuxian, Pelajar SD Tertua di Dunia

Posted: 9 Februari 2011 in Kabar Berita, Kisah, Pendidikan, Spektakuler, Wacana
Tag:, , ,

Ternyata banyak pelajaran yang bisa di ambil dari negeri Cina, seperti Hadist Nabi “Tuntutlah Ilmu Sampai Ke Negeri Cina”. Betapa tidak, sampai-sampai digambarkan dalam hadist tentang pentingnya menuntut ilmu. Tapi mengapa harus ke Cina ? Kenapa tidak ke tempat yang lainnya ?

Salah satunya adalah kisah nenek Ma Xiuxian, yang tak pernah lelah menuntut ilmu, dan tak menjadikan umur sebagai penghalang baginya.

Nenek Ma, yang berusia 102 tahun berbaur bersama teman sekelasnya. Dialah sosok Ma Xiuxian, dari kota Jinan, Propinsi Shandong Cina, yang menjadi salah seorang murid di Sekolah Dasar setempat. Menurut harian setempat The Qilu Evening Post yang dikutip ruanghati.com mengatakan bahwa masa kecil sang nenek Ma memang tidak memiliki kesempatan untuk mengenyam pendidikan karena kondisi perekonomian keluarga yang saat itu teramat miskin hingga pada usia 13 tahun Ma sudah menghabiskan masa kanak kanaknya menjadi pekerja di perusahaan pemital benang kapas.

Sobat ruang hati yang berbahagia, bila kita melihat betapa semangatnya sang nenek Ma untuk menghabiskan sisa usianya yang sudah sangat senja dan hanya tersisa dalam hitungan hari demi hari tersebut tidakkah membuat mata hati kita tergerak untuk lebih bersemangat untuk menuntut ilmu sampai kapanpun dan dalam kondisi seperti apapun.

Cerita Sang nenek Ma yang berusia 102 tahun ini cukup bisa menginspirasikan pada kita betapa sangat berharganya ilmu bahkan di sisa hidup yang sudah senjapun. Walaupun pemrakarsa kembalinya sang nenek ke Sekolah SD tersebut muncul dari sang putra termuda bernama Yi Fengxin yang berusia 58 tahun, tanpa motifasi kuat dari sang Nenek Ma tidak akan semua ini terjadi. Artinya keinginan keras dan motivasi Nenek Ma memang patut kita acungi jempol.

Oleh karena itu, sahabat serbaragam, tidak ada salahnya kisah nenek Ma ini kita jadikan motivasi dalam menuntut ilmu, karena diantara 3 hal yang bisa meringankan kita nantinya di akhirat, salah satunya adalah ilmu yang bermanfaat, yang dapat digunakan untuk kemaslahatan umat. amin.

 

( sumber : http://dh13n.blogspot.com/2010/12/ini-dia-siswa-sd-tertua-di-dunia.html, Rabu, 09 Februari 2011, 01.55 wib )

Komentar
  1. gan mengatakan:

    wwwwaaaaaaaaawwwww………jangan2 dia kepala sekolahnya gaaannnn……..hahahah

  2. Muth Masyu mengatakan:

    hahahahhahahaha kereeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s