Tips Agar Tidak Cepat Pikun

Posted: 11 Desember 2010 in Keluarga, Wacana
Tag:, ,

Hindari Pikun di Usia Muda

SAAT semakin tua, ingatan jangka panjang kita menjadi lebih jelas, sedangkan ingatan jangka pendek mungkin menurun. Anda mungkin lupa tempat Anda menaruh sesuatu, lupa janji, dan hal yang biasanya mudah diingat tiba-tiba perlu usaha untuk mengingatnya.

Jika Anda khawatir menjadi pikun, ada beberapa latihan dan teknik yang akan membantu ingatan jangka pendek, seperti dijelaskan Dr Miriam Stoppard dalam bukunya berjudul “Panduan Kesehatan Keluarga”.

  1. Saat Anda membaca buku atau artikel majalah, ringkaslah alur cerita atau poin di dalamnya bagi seorang teman. Sebutkan nama, tempat, dan tanggal.
  2. Saat belanja, cobalah mengambil barang sebanyak mungkin tanpa melihat daftar belanja.
  3. Jika ada beberapa hal yang harus dilakukan, cobalah mengingatnya dengan “jembatan keledai”. Misalnya, tugas seperti menyetrika, menelepon, dan mengetik surat dapat disingkat menjadi sebuah kata. Ambil satu atau dua huruf pertama dari setiap tugas, dan bentuklah menjadi sebuah kata, misalnya “seteltik” (setrika, telepon, tik) yang dapat membantu ingatan.
  4. Jika Anda masuk ke dalam kamar dan lupa alasannya, kembalilah ke tempat semula dan jangan pergi sebelum mengingat alasannya, kembalilah ke tempat semula dan jangan pergi sebelum mengingat alasan pergi ke kamar tersebut.
  5. Jika Anda kehilangan sesuatu, lacaklah dengan proses eliminasi. Tulis enam hal terakhir yang Anda lakukan sebelum kehilangan benda itu dan tempat Anda berada di setiap aktivitas. Jika perlu, buatlah tabel di kertas dengan hal yang Anda lakukan di satu sisi dan tempat Anda berada di sisi bawah. Benda yang hilang ada dalam kotak tersebut. Periksalah satu per satu dan Anda akan menemukannya.


(sumber : Tutty Oktaviany, http://www.okezone.com >> Sabtu, 11 Desember 2010, 15.02 WIB)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s